Ototouring

Komunitas OTOLovers Siap Menjadi Pelopor Keselamatan Berkendara

21 Oct 2016 - 13:00 WIB

Sumito Tarigan - OTOLovers

Suatu pengalaman touring yang sangat berkesan bagi saya, saat mengikuti #AHMOtoTouring 150 KM. Jakarta - Sukabumi, yang diadakan oleh DetikOTO dan PT. AHM. Selain merayakan hari jadi www.oto.detik.com ke 8, sekalian juga pembentukan Komunitas OTOLovers.

Saya merasa sangat beruntung, karena diikutsertakan dalam kegiatan ini. Touring kali ini, sangat berbeda dengan touring yang biasa saya lakukan. Baik itu solo touring maupun berkelompok.

Di komunitas OTOLovers ini, saya mendapatkan ilmu tentang Safety Riding. Sebuah pengetahuan yang sangat bermanfaat ketika berkendara motor.

Hari Pertama (30/09/2016), saya berangkat dari rumah menuju Kantor www.detik.com yang berada di Kawasan Jakarta Selatan. Semua peserta yang terpilih, diajak briefing terlebih dahulu tentang rute, tikum dan lainnya yang perlu selama di perjalanan.

Setelah Doa bersama, kami berangkat menuju tikum pertama, yaitu Sentul Bogor. Sesampai di tempat, kami beristirahat sebentar dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Lido yang digunakan sebagai tikum kedua.

Dalam perjalanan menuju tikum kedua, kami diguyur hujan beberapa saat. Namun tak menyurutkan semangat kami untuk terus touring.

Sampainya di Lido, kami diajak makan siang dan beristirahat sebentar. Kurang lebih satu jam, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju tikum ketiga, yaitu SPBU Cikidang.

Kami beristirahat sebentar, sambil mengisi bahan bakar. Sebab, untuk menuju Pelabuhan Ratu Sukabumi, kami harus melewati jalur Cikidang.

Sepanjang perjalanan dijalur ini, pemandangan cukup indah dan banyak jalan menanjak-menurun hingga berkelok-kelok. Yang membuat kita harus lebih berhati hati untuk berkendara.

Alhamdulillah, kami sampa di penginapan sekitar jam 17:55 WIB dengan selamat. Hari pertama ditutup dengan diskusi dan bercanda dengan peserta #AHMOtoTouring lainnya.

Hari Kedua (01/10/2016), kami mendapatkan ilmu tentang Safety Riding dari  Satrio Nugroho PT. AHM. Selanjutnya kami melanjutkan acara sosial (charity), yaitu mengunjungi Panti Asuhan Daarul Aitam, untuk memberikan donasi.

Usai charity, kami berangkat menuju pantai Karang Papak. Di pantai ini, kami mengikuti permainan (games) yang dibuat oleh panitia yang bertujuan untuk membuat semua peserta lebih kompak.

Selanjutnya kami berdiskusi tentang persiapan deklarasi Komunitas Otolovers. Setelah Diskusi bersama dengan semua peserta, kamipun kembali ke penginapan, untuk beristirahat.

Malam itu, saya juga sempat berdiskusi dengan Yudi Prasetyo. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari pria berkacamata tersebut.

Hari Ketiga (02/10/2016), ada hal yang menarik di pagi itu. Secara tiba tiba Team dari www.detik.com, Fayyas mewawancarai saya dalam format video. Ini pertama kalinya bagi saya, tak pelak saya sempat grogi alias nervous. Silakan tonton di bawah ini:

Sebelum meninggalkan penginapan, kami melanjutkan acara Pengukuhan (Deklarasi) Komunitas Otolovers. Setelah acara selesai kami meninggalkan penginapan untuk pulang.

Semoga dengan terbentuknya Komunitas Otolovers ini, bisa menjadi Pelopor Keselamatan Berkendara di Jalan Raya. Kita semua harus bisa merubah persepsi negatif masyarakat terhadap komunitas motor, dimulai dari diri kita sendiri!

Caranya? Dengan memberikan contoh yang baik, santun, tertib dan menghargai pengendara yang lain.

Terimakasih kepada detikOTO, detikForum, detikcommunity, Pasangmata dan PT. Astra Honda Motor dan segenap pihak yang terkait dalam kegiatan #AHMOtoTouring ini. Harapan saya, semoga Komunitas Otolovers ini menjadi berkembang dan memberikan contoh yang baik, buat komunitas motor lainnya. Amin!


TAGS   otomotif / otolovers /